Sunday 25 August 2019


Ubah Sampah Jadi Berkah
Oleh: Febriana Harianti

Assalamualaikum wr. wb.

Teman-temanku yang berbahagia,
Ada banyak slogan-slogan yang ditempel di jalanan dan di dinding-dinding sekolah mengenai lingkungan, contohnya, Bersih Pangkal Sehat, Kebersihan adalah Sebagian dari pada Iman, namun, apakah hal itu telah menggugah kita untuk mengamalkannya?

Sampai saat ini, kita masih melihat banyak sekali murid-murid atau orang yang membuang sampah sembarangan di sekolah.  Entah itu sampah bekas makanan atau kertas selalu berceceran di mana-mana. Di lorong-lorong, di lapangan, di tempat parkir, di toilet, bahkan di dalam kelas pun sampah-sampah masih menjadi momok yang sulit dituntaskan.

Tentu kita tidak mau melihat sampah tersebut berserakan dimana-mana dan membuat pemandangan yang tak sedap. Sampah ini tidak hanya merusak pemandangan tetapi juga sampah dapat menimbulkan penyakit yang mematikan, contohnya seperti demam berdarah (DBD) yang sudah banyak memakan korban di dunia ini.

Teman-teman ku sekalian
Untuk menanggulangi kondisi seperti ini sebetulnya kita tidak perlu bingung sebab sekarang ini kita hidup di zaman yang canggih, kita cukup membuka internet untuk mencari solusi tersebut. Tapi banyak dari kita yang menyalahgunakannya dan hanya sibuk dengan dunia game-nya saja. Padahal kalau kita membuka mata dan pikiran lebar-lebar kita bisa saja mengubah sampah yang sebelumnya bau busuk menjadi bau uang. Contohnya seperti botol diubah menjadi pot, bungkus kopi diubah menjadi tas, dan masih banyak lagi.

Teman-teman ku yang berbahagia,
Sebagai penutup pidato saya kali ini saya ingin mengajak teman-teman sekalian untuk lebih berinteraksi lagi dengan lingkungan dan lebih berkreativitas dengan lingkungan di sekitar kita agar kita dapat mengurangi yang namanya sampah dan pencemaran lingkungan.

Sekian dari saya, mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan, karna memang manusia tak luput dari yang namanya khilaf.

Sekian assalamualaikum wr. Wb.
-----------------------------------
FEBRIANA HARIANTI
Alamat: Dasan Tumbu, Desa Tumbuh Mulia Kec. Suralaga
Sekolah: MTs NW Boro'Tumbuh, Kelas IX, TP. 2019/2020

Presented by:
@Gerakan Literasi MTs NW Boro'Tumbuh

Support by: 

@Ka-Lam (Komunitas Literasi Madrasah)

0 comments:

Post a Comment

Berita

New Post

Popular Posts