Thursday 29 August 2019


Buang Sampah Sembarangan? Nggak Banget!
Oleh: SITI JALILATUN MUTHMAINNAH

Pernahkah kalian pergi ke tempat wisata yang rekomended? Namun, setelah sampai di sana tempatnya tidak memuaskan seperti yang dibilang orang-orang. Nyatanya tempat itu banyak sampahnya.

Itulah manusia ada yang berulah namun tidak bertanggung jawab. Padahal dalam hadis saja dikatakan bahwa kebersihan itu sebagian dari pada iman, tapi kok masih aja ada yang dekil, kotor, hidup lagi.

Gimana mau buang sampah pada tempatnya, kalau diri kita sendiri belum bersih. Mandi aja satu kali dalam sepekan. Pasti bau kan, orang itu. Jadi, mulai sekarang  kita harus sadar dengan kebersihan kita dan lingkungan dengan cara rajin membersihkan diri dan buang sampah pada tempatnya.

Bayangkan satu sampah plastik yang dibuang sembarangan itu membutuhkan 1000 tahun lebih agar terurai. Mungkinkah kita mati waktu 1000 tahun itu?

Jadi, usahakan buang sampah pada tempatnya. Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak ide-ide untuk membuat sampah itu menjadi lebih bermanfaat.

Dimasa modern ini ada banyak sekali komunitas-komunitas memperhatikan masalah sampah salah satunya KDUID (Kreasi Daur Ulang Indonesia), dan diver's clean action, untuk mengurangi sampah dan juga agar sampah bernilai ekonomi. Contoh kecil saja keset Indonesia bernilai tinggi di Amerika Serikat dan dijadikan tas dan harganya pun sangat fantastis.

Sebagai umat muslim kita perlu menjaga kebersihan kita. Sekali lagi saya katakan karena kebersihan itu sebagian dari pada iman.

Teman-temanku yang berbahagia,
Kalau kita menjaga kebersihan kita pun sehat sentosa. Sebagai generasi bangsa kita harus mempunyai ideologi yang matang. Apalagi kita yang remaja dan remaji udah besar gini masak disuruh terus sama bapak ibu gurunya buat buang sampah pada tempatnya. Apa nggak malu sama sekali?

Jadi, ayo awali hidup sehat dari sekarang,dan jaga kebersihan kita.

Alam yang indah membuat hati bahagia
Alam yang hancur membuat hati terbelah dua

"Take care of the earth and she will take care of you."

(Jaga bumi dan dia akan menjagamu.)

"When environment changes, there must be a corresponding change in life."

(Ketika lingkungan berubah, pasti ada perubahan yang berhubungan di dalam kehidupan.)

Lingkungan kotor tanpa bersih-bersih
cukup sekian dan terimakasih.

-----------------------------------------
SITI JALILATUN MUTHMAINNAH
Alamat: Dasan Borok Kec. Suralaga
Kelas IX MTs NW Boro'Tumbuh, TP. 2019/2020

Presented by:
@Gerakan Literasi MTs NW Boro'Tumbuh

Support by: 

@Ka-Lam (Komunitas Literasi Madrasah)

0 comments:

Post a Comment

Berita

New Post

Popular Posts