Tuesday 2 July 2019


Pada tahun pelajaran ini, siswi kelahiran bulan Juli dengan nama lengkap Juliana Indra Sari ini mendapatkan predikat terbaik di MTs NW Boro’Tumbuh. 

Juliana Indra Sari atau yang biasa disapa Juliana/Jul ini meraih peringkat pertama di kelasnya dan sekaligus menjadi juara Umum pada semester ini. Untuk nilai UNBK dan UAMBN-BK nya juga yang terbaik loh!

Beberapa hari lalu saya sempat mewawancarai siswi yang suka ngemil ini melalui chat di Whatshapp. Ia pun buka-bukaan soal tips bagaimana bisa menjadi juara di kelasnya.

Namun sebelum mengorek tips-tips belajar dari Juliana Indara Sari perlu kalian ketahui juga 3 fakta-fakta tentang Juliana Indra Sari yang ada hubungannya dengan sikap belajarnya.

- Juliana bersemangat sekali belajar ketika ada camilan
- Juliana tidak belajar saat belum ada mood yang bagus.
- Juliana hanya mempelajari pelajaran mana yang ia ingin pelajari. 

Nah, itu dia 3 fakta yang perlu kamu ketahui dari Juliana. Sekarang saatnya berbagi tips belajarnya. Ok.

Tips belajar dari Juliana Indara Sari:

#Pertama, Menentukan Waktu yang Tepat untuk Belajar.
Menentukan waktu yang tepat untuk belajar adalah konsep utama dari tips belajarnya Juliana. 

Menurut Juliana, waktu belajar itu sangat penting ditentukan sebelum mulai belajar. Sebab waktu yang tepat sangat menentukan apakah pelajaran bisa diterima atau tidak. Sementara jika waktu belajar tidak tepat maka hanya akan buang-buang energi saja, kata Juliana.

Waktu belajar yang tepat bagi Juliana adalah saat sore hari dan setelah salat magrib. Pada kedua waktu itu ia sangat nyaman sehingga bisa menangkap isi buku dengan efektif. 

#Kedua, Jangan Memaksakan Diri untuk Belajar
Saat ditanya apakah belajar itu harus harus dilakukan terus menerus atau belajar saat menjelang ujian saja? 

Juliana pun menjawab dengan bijak bahwa tidak selamanya belajar secara terus menerut itu baik. Sebab ada kalanya otak memerlukan refreshing

Kalau saja otak dipakasakan terus-terusan, lanjut Juliana, akibatnya malah blank. Tentu otak tidak lagi bisa merespon dengan baik. Oleh sebab itu, belajar tidak perlu dipaksakan. 

Dan menurut Juliana juga bahwa belajar itu bukan ketika saat menjelang ujian saja.

Jauh-jauh sebelum ujian seharusnya pelajar sudah mempersiapkan diri. Sehingga saat dekat-dekat ujian pelajar tidak perlu menjejali diri dengan cara full time belajar.

Menejejali diri dengan berbagai mata pelajaran pada satu malam sama artinya dengan memaksakan otak. Sehingga belajar pun menjadi sia-sia akibat otak yang tak mampu mencerna, kata Juliana.

Nah, dari kedua tips belajarnya Juliana di atas dapat disimpulkan bahwa belajar itu perlu waktu khusus, yakni dengan cara memilih waktu yang kira-kira pada waktu tersebut otak bisa merespon pelajaran dengan baik. 

Selanjutnya, tidak perlu memaksakan diri untuk belajar di saat otak sudah tidak sanggup lagi untuk mencerna pelajaran. Namun belajarlah di saat otak benar-benar fresh.

Bagaimana, sekarang kamu bisa mencontoh gaya belajarnya Juliana kan? Selamat mencoba.

0 comments:

Post a Comment

Berita

New Post

Popular Posts