Thursday 2 April 2020

Sinopsis Film Pendek Rika dan Rizka

Film pendek Rika dan Rizka merupakan adaptasi dari cerita pendek karya Alfina R. Dewi dengan judul asli "Saat Aku Tak Diiginkan,". Cerpen tercebut pernah diterbitkan oleh Kabartumbuhmulia.id pada 20 Oktober 2016. Cerpen tersebut bisa dibaca pada link berikut ini:
https://www.kabartumbuhmulia.id/2016/10/saat-aku-tak-diinginkan.html
Dan berikut ini adalah sinopsis film pendek Rika dan Rizka

Film ini mengisahkan tentang kisah seorang anak  remaja yang bernama Rika. Ia memiliki saudara kembar yang bernama Rizka. Dalam kehidupan keluarganya, Rika kerap diperlakukan tidak adil sebagai seorang anak. Bahkan ia sering tidak diperdulikan oleh orang tuanya.

Perlakuan tidak adil Rika tiada lain disebabkan oleh hasil rapornya yang tidak sesuai dengan harapan orangtuanya. Sementara Rizka saudaranya meraih peringkat pertama. Kebetulan mereka berdua satu kelas, dan saat itu Rika cuma dapat peringkat 10.

Hari-hari Rika dirundung kesedihan. Mulai dari meja makan sampai ajang kompetisi, Rika tidak dihiraukan oleh orang tuanya. Suatu hari Rika.

Hingga suatu hari Rika bertanding pencak silat, sedangkan Rizka mengikuti olimpiade. Rika mendapatkan juara satu setelah bertanding mengalahkan Malika. Sementera itu Rizka tidak mendapatkan apa-apa saat mengikuti olimpiade. Rizka pun pulang dengan kesal bersama kedua orang tuanya. Sementara di rumah sudah menunggu Rika yang terlihat tersenyum riang sambil memajang pialanya di ruang tamu. Melihat hal itu ayah dan ibunya memarahinya dan menyuruhnya untuk pergi. Sementara itu Rizka terlihat kesal ketika melihat piala yang didapatkan oleh Rika.

Tiga hari kemudian tiba-tiba Rizka tergelatak di lantai kamarnya. Rika yang melihat kejadian itu sontak berteriak dan memanggil orantuanya. Akhirnya Rizka dilarikan ke rumah sakit.

Saat mendapatkan keterangan dari dokter bahwa ternyata Rizka mengidap penyakit jantung. Maka untuk bisa bertahan hidup Rizka membutuhkan cangkokan jantung dari saudaranya. Dan saat itu Rika harus berkorban demi kakaknya. Namun nasip berkehendak lain, Rika yang menolong justeru tidak tertolong. 

Saat sadar Rizka mencari-cari adiknya Rika. Lalu sepucuk surat Rika yang didapatkan dari suster dibaca oleh ibunya. Ternyata Rika sudah tiada. Haru biru menyeruak di kamar rumah sakit tempat Rizka berbaring. Sementara sang ayah berusaha menenangkan suasana.

Demikianlah potongan kisah yang terdapat dalam film pendek Rika & Rizka. Semoga dengan sinopsis ini penonton sedikit memahami jalan cerita dalam film tersebut yang memang banyak kekurangannya. Karena beberapa penonton sedikit bingung dengan alur ceritanya akibat beberapa adegan penting yang tidak dihadirkan, seperti saat Rizka mengikuti olimpiade, dan saat Rika mendonorkan jantungnya untuk Rizka.


0 comments:

Post a Comment

Berita

New Post

Popular Posts