Tuesday 10 September 2019

PERANG TERHADAP NARKOBA
Oleh: Siti Rahmaniah

Assalamualaikum Wr. Wb.
Pada kesempatan ini perkenankan saya untuk menyampaikan sebuah pidato yang berjudul Perang Terhadap Narkoba.


Teman-teman yang berbahagia.
Tentu kita sering bertanya, apa sih narkoba itu? Berbahaya atau tidak? 

Tentu yang namanya narkoba pasti lah berbahanya, karena narkoba dapat merusak hidup kita, membahanyakan tubuh kita, menghancurkan masa depan kita, bahkan narkoba juga bisa menjauhkan kita dari orang-orang terdekat kita.

Narkoba itu banyak macamnya salah satunya adalah ganja, sabu dan lain-lainnya. Kita bisa lihat di negara kita ini banyak disiarkan di media tentang berbagai macam narkoba dan pecandu narkoba. Kita bisa melihat hanya remaja, orang dewasa juga banyak yang pecandu narkoba. 

Seandainya ada  salah satu keluarga atau teman kita seorang pecandu narkoba pasti kita akan sangat marah karena narkoba dapat merusak segalanya. Sebab itulah kita sebagai seorang remaja dan pemuda masa depan kita harus bisa memerangi yang namanya narkoba, karena apa? karena seperti yang saya katakan tadi narkoba dapat merusak hidup kita. Kita tidak  akan bahagia jika kita  mengonsumsi narkoba justru kita akan bahagia jika kita menghindari yang namanya narkoba.

Kalau kita ingin masa depan kita cerah tentram bahagia jauhilah yang namanya narkoba. Di agama kita juga telah menjelaskan bahwa narkoba adalah benda haram yang harus kita jauhi. Karena itulah  mari kita betul-betul menjauhi yang namanya narkoba demi maraih masa depan yang cemerlang.

Sebelum saya lanjutkan Saya mau bertanya, apa kalian mau masa depan kalian hancur hanya karena narkoba? Tentu kita akan menjawabnya dengan kata, tidak! Karena apa? Karena kita tidak mau masa depan kita hancur hanya karena narkoba. Kalau masa depan kita hancur percuma dong kita sekolah mahal-mahal. Kenapa begitu? Karena ujung-ujungnya kita akan mendekam dipenjara. Apa kalian mau melihat orang tua kalian kecewa hanya karena anaknya? Tentunya kita tidak mau mengecawakan orang tua kita hanya karena anaknya yg tidak tau balas jasa orang tuanya. 

Kita bisa banyangkan bagai mana capeknya orang tua kita kesana kemari demi mencarikan kita biaya untuk  sekolah, hanya untuk melihat anak-anaknya sukses. Tapi apa balasan kita. Balasan kita hanyalah mendekam di penjara besi. Sebab itulah jika kita tidak ingin mengecewakan orang tua kita mari kita  belajar dari sekarang untuk menjauhi narkoba dengan meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT.

Tentunya bukan hanya kita saja yang menjauhi narkoba, justru keluarga, teman-teman, bahkan orang-orang terdekat kita juga harus bisa menjauhi narkoba, sebab kalau mereka tidak menjauhi narkoba, pasti lama-kelamaan mereka akan menjadi pencandu narkoba jika iman mereka tidak kuat. Kalau mereka menjadi pencandu narkoba otomatis kita juga akan menjadi pecandu narkoba. Kenapa begitu? Karena paktor lingkungan sekitar sangatlah berpengaruh bagi kita. Jika banyak pecandu narkoba dilingkungan kita lama-kelaman kita juga akan terpengaruh untuk memakai narkoba. Kenapa demikian? Karena di zaman sekarang kita tidak mau dikatakan tidak gaul hanya karena tidak memakai narkoba. Padahal justru seharusnya kita bersyukur karena kita tidak memakai narkoba. Kita akan dikatakan gaul oleh manusia jika kita tidak memakai narkoba,. Kita juga akan gaul di mata Allah jika kita tidak mengosumsi yang namanya narkoba.

Karena itulah orang tua kita menyesekolahkan kita agar kita tau mana yang salah dan mana yang benar. Agar kita tau bagai mana cara kita untuk tidak membuat orang tua kita kecewa. Orang tua kita tidak menginginkan apa-apa sebagai balasannya. Mereka hanya menginginkan anak-anaknya sukses di masa depannya nanti. Oleh kerena itu mulailah menjauhi narkoba dari sekarang. Kalau tidak sekarang kapan lagi? Karena itu, PERANGILAH NARKOBA MULAI DARI SEKARANG! JIKA KITA TIDAK INGIN MASA DEPAN KITA HANCUR HANYA KARENA NARKOBA.


------------------------------------------
SITI RAHMANIAH
Alamat: Gegurun Desa Tumbuh Mulia, Kec. Suralaga
Kelas IX MTs NW Boro'Tumbuh, TP. 2019/2020

Presented by: Gerakan Literasi MTs NW Boro'Tumbuh
Support by: Ka-Lam (Komunitas Literasi Madrasah)

0 comments:

Post a Comment

Berita

New Post

Popular Posts